Terkadang konsumen sering dibingungkan oleh banyaknya jenis potongan daging untuk keperluan masak sehari-hari. Itulah sebabnya mengapa retail modern sekelas supermarket maupun hyper mereka telah menyediakan aneka jenis potongan dengan tujuan agar konsumen terutama mereka yang tidak paham tentang memilih daging, dapat memilih langsung jenis cuttingan atau potongan yang telah ada dan disediakan.

Tentunya banyak bagian dari Sapi dapat dijadikan jenis masakan tertentu, tetapi tidak semua bagian dapat dijadikan bahan baku utama, dikarenakan ciri fisik tiap bagian daging sapi memang berbeda satu sama lainnya.

Saya akan memperkenalkan beberapa potongan yang umum serta darimana bahan bakunya.

FOREQUARTER

A. Blade
* rendang
* semur
* rawon
* oseng-oseng
* steak dari oyster blade

B. Chuck
* soup
* rawon
* rendang
* oseng-oseng
* semur

MIDDLE QUARTER

Untuk bagian ini dikarenakan nilai ekonomisnya tinggi, maka daging dari bagian ini cocok untuk jenis masakan dengan short cook method.

A. Sirloin / has luar / lulur luar
B. Tenderloin / fillet / lulur dalam / has
C. Rib eye / cuberoll / scotch fillet
D. Rump / tanjung / butt

Jenis daging ini enak sekali untuk steak, stir fry, shabu-shabu, sukiyaki, yakiniku, dll.
Giant dan Hero supermarket telah membuat jenis potongan tersebut, dengan kelengkapan ranges tersebut, saya yakin konsumen dapat memilih jenis potongan apa yang mereka inginkan.

HIND QUARTER

A. Topside
B. Knuckle / daging kelapa
C. Silverside
D.Gandik

Karakteristik daging dari bagian ini, agak kering, konsumen umumnya menggunakan bagian daging ini sama untuk jenis potongan seperti forequarter yaitu rendang, semur, dll.

Daging bagian ini juga bisa untuk mini steak ataupun dry cook lainnya, empal, minute steak, dll

Semoga dapat bermanfaat…

Posted with Heru Parwoto’s BlackBerry.